Tutotial Mudah 3 Cara Install WordPress Terbaru

WordPress dikenal sebagai pembuat website paling populer di dunia. Wordpress mendominasi lebih dari 33% dari semua website yang ada di internet. Alasan utamanya adalah karena WordPress mudah dipasang, wordpress menjadikan proses pembuatan website menjadi lebih mudah bagi siapa pun.

Hampir semua perusahaan web hosting memungkinkan Anda untuk menginstal WordPress hanya dengan beberapa klik. Dalam sebagian besar keadaan, menginstal WordPress adalah proses sederhana yang membutuhkan waktu kurang dari lima menit untuk menyelesaikannya.

Dalam tutorial ini, tujuan kami adalah menawarkan tutorial cara install WordPress lengkap untuk pemula dan pengguna tingkat lanjut.

  • Untuk pemula, kami akan menunjukkan kepada Anda cara install WordPress di semua platform hosting teratas dengan menggunakan skrip instalasi 1-klik seperti Fantastico, Softaculous, dan QuickInstall.
  • Kedua kami juga akan menjelaskan panduan cara install WordPress secara manual menggunakan FTP.
  • Terakhir, untuk pengembang dan desainer pemula, kami akan menunjukkan kepada Anda cara install WordPress di komputer lokal (Windows, Mac, dan Linux).

Selain menunjukkan kepada Anda cara install WordPress, kami juga akan memberi Anda tips tentang hal-hal yang harus dilakukan setelah Anda menginstal WordPress.

Cara Install WordPress dari cPanel

Cpanel adalah perangkat lunak populer yang digunakan oleh banyak perusahaan web hosting. Ini memberikan pemilik website antarmuka berbasis web sederhana untuk mengelola akun hosting mereka.

Ini adalah akses satu atap ke beberapa utilitas bermanfaat termasuk skrip pemasang otomatis yang membantu Anda menginstal WordPress.

Perusahaan hosting memilih skrip pemasang otomatis yang ingin mereka gunakan. Secara umum, Softaculous, QuickInstall, dan Fantastico adalah opsi yang paling populer.

Kami akan menunjukkan kepada Anda cara install WordPress menggunakan penginstal otomatis (softaculous) yang ada di cPanel. Anda dapat mengikuti instruksi dibawah ini.

Cara Install WordPress menggunakan Softaculous

Softaculous adalah skrip pemasang otomatis yang populer. Dengan softaculous kamu bisa dengan mudah menginstal aplikasi/script web populer seperti CodeIgniter, Joomla, WordPress dsb. hanya dengan beberapa klik. Perusahaan hosting seperti HostGator menggunakan Softaculous di panel kontrol mereka.

Cukup masuk ke akun cPanel Anda dan cari ikon penginstal Softaculous atau WordPress. Anda akan menemukannya di bagian Software dan Softaculous.

Jika Anda belum mengenal cPanel, silahkan baca:

Apa itu cPanel? Panduan cPanel Hosting untuk Pemula
Tutotial Mudah 3 Cara Install WordPress di CPanel denagn Softaculous

Mengklik salah satu ikon ini akan meluncurkan installer otomatis Softaculous untuk WordPress. Pertama, Anda akan melihat gambaran umum WordPress. Anda harus mengklik tab Install untuk melanjutkan.

Tutotial Mudah 3 Cara Install WordPress dengan Softaculous

Softaculous sekarang akan bertanya kepada Anda di mana Anda ingin menginstal WordPress. Anda perlu memilih http://atau http://www.sebagai protokol.

Jika situs Anda memiliki SSL dan HTTPS , maka Anda dapat memilih https://atau https://www.sebagai protokol.

Setelah itu, Anda harus memilih nama domain di mana Anda ingin menginstal WordPress. Sebagian besar pengguna ingin menginstal WordPress di direktori root domain mereka, seperti example.com. Dalam hal ini, Anda perlu memastikan bahwa bidang ‘Dalam Direktori’ kosong.

Gulirkan sedikit ke bawah, dan Anda akan melihat bagian pengaturan situs “Site Settings“.

Di bawah bagian ini, pertama-tama Anda perlu memberikan judul dan deskripsi untuk situs WordPress Anda. Tapi jangan khawatir, dirimu dapat mengubahnya dari area admin WordPress kapan saja setelah instalasi.

Selanjutnya, Anda perlu memilih nama pengguna admin, kata sandi, dan alamat email. Softaculous akan secara otomatis mengisi bidang nama pengguna dan kata sandi untuk Anda. Ini akan menggunakan kata non-kamus untuk nama pengguna dan kata sandi yang kuat.

Anda dapat mengubahnya jika Anda inginkan agar mudah diingat untuk Anda. Namun, kami sangat menyarankan Anda untuk selalu menggunakan kata sandi yang kuat. Lihat panduan kami tentang cara terbaik mengelola kata sandi untuk pemula WordPress untuk mempelajari bagaimana Anda dapat mengelola kata sandi yang kuat dengan mudah.

Pastikan Anda memasukkan alamat email yang benar di bidang email admin. Di sinilah WordPress akan mengirim pemberitahuan dan tautan setel ulang kata sandi jika Anda pernah lupa kata sandi Anda.

Sisa opsi pada layar bersifat opsional. Anda sekarang dapat mengklik tombol install untuk menjalankan installer.

Softaculous akan menjalankan installer menggunakan pengaturan yang Anda berikan. Anda akan melihat bilah progres dengan status pemasangan. Ini akan memakan waktu beberapa menit. Jangan tutup jendela sampai bilah kemajuan mencapai 100% jika tidak, ini dapat mempengaruhi instalasi WordPress Anda.

Anda akan melihat pesan sukses setelah instalasi selesai. Ini juga akan menunjukkan Anda tautan ke situs web Anda dan ke area admin WordPress Anda.

Cara Install WordPress menggunakan FTP

Install WordPress secara manual juga dikenal sebagai instalasi 5 menit yang terkenal. Ini membutuhkan beberapa langkah tambahan, dan Anda akan memerlukan klien FTP untuk menginstal WordPress secara manual.

Lihatlah panduan pemula kami tentang cara menggunakan FTP untuk mengunggah file WordPress . Hal pertama yang harus dilakukan adalah mengunduh atau download WordPress versi terbaru .

Paket WordPress yg kita download tadi merupakan sebuah file Zip. Jadi dirimu perlu untuk mengekstrak zip file tersebut, Didalamnya kamu akan menemukan folder WordPress. Folder ini berisi semua file WordPress yang perlu Anda unggah ke server web Anda.

Sekarang, lanjutkan dan sambungkan klien FTP ke server hosting Anda. Setelah terhubung, gunakan klien FTP untuk mengunggah file WordPress dari komputer Anda ke server situs web Anda.

Jika Anda ingin memasang WordPress pada nama domain root Anda (seperti example.com), maka Anda perlu mengunggah file WordPress ke direktori root situs web Anda. Biasanya direktori ini disebut / public_html /.

Di sisi lain, Jika Anda ingin menginstal WordPress di subfolder (seperti example.com/blog), maka unggah di folder / public_html / blog /.

Setelah Anda selesai mengunggah WordPress, buka panel kontrol hosting Anda untuk membuat database. Kami akan menunjukkan kepada Anda bagaimana melakukannya menggunakan cPanel. Jika layanan hosting Anda menggunakan panel kontrol yang berbeda, maka Anda hanya perlu mencari fitur database MySQL. Pengaturan lainnya akan sangat mirip.

Dari dasbor cPanel Anda, klik ikon ‘MySQL Databases’.

Anda akan melihat bidang untuk membuat database baru. Masukkan nama untuk basis data Anda, dan klik ‘Buat Basis Data’.

Sekarang setelah membuat basis data MySQL kita masih membutuhkan nama pengguna. Nama pengguna ini akan memiliki akses untuk melakukan tindakan pada database.

Masih dhalaman MySQL Databases – cPanel, gulir ke bawah ke bagian Pengguna MySQL. Cukup berikan nama pengguna dan kata sandi untuk pengguna baru Anda dan klik tombol ‘Buat pengguna’.

Pengguna baru ini masih tidak memiliki akses ke database yang Anda buat sebelumnya. Untuk itu, Anda perlu menambahkan pengguna ke database dan memberi mereka izin untuk melakukan semua tindakan.

Pada halaman MySQL Databases yang sama di akun cPanel Anda, gulir ke bawah ke bagian ‘Tambahkan Pengguna ke Database’. Pilih pengguna database yang Anda buat dari menu dropdown di sebelah pengguna, lalu pilih database, dan klik tombol add.

Anda sekarang akan dimintai hak istimewa yang ingin Anda izinkan pengguna ini. Pilih semua hak istimewa dan klik tombol Lakukan perubahan.

Database dan pengguna MySQL Anda sekarang siap, catat nama database Anda dan nama pengguna dan kata sandi MySQL. Anda akan memerlukan informasi itu nanti.

Cukup buka ke URL tempat Anda mengunggah WordPress. Jika berada di domain utama, masukkan nama domain Anda di jendela browser, seperti yoursite.com atau www.yoursite.com.

Anda akan melihat halaman pemilihan bahasa. Anda dapat memilih bahasa di sini sehingga sisa instalasi ditampilkan dalam bahasa Anda sendiri. Anda juga dapat menggunakan bahasa Inggris untuk saat ini dan kemudian mengubah bahasa.

Klik pada tombol untuk melanjutkan.

Anda sekarang akan melihat beberapa instruksi instalasi. Pada dasarnya, WordPress sekarang akan memberi tahu Anda bahwa itu akan memerlukan nama database, kata sandi, dan informasi host MySQL Anda.

Klik tombol ‘Ayo pergi’ untuk melanjutkan.

WordPress sekarang akan menunjukkan kepada Anda formulir. Anda harus memasukkan informasi basis data yang Anda buat sebelumnya.

Isi informasi dan kemudian klik tombol ‘Kirim’. WordPress akan terhubung ke database Anda dan menampilkan pesan sukses kepada Anda.

Tutotial Mudah 3 Cara Install WordPress dengan FTP

Klik tombol “Lanjutkan” untuk melanjutkan.

WordPress sekarang akan membuat tabel di database Anda dan kemudian mengirim Anda ke langkah selanjutnya dari instalasi.

Sekarang Anda perlu memberikan beberapa informasi untuk WordPress untuk mengatur situs Anda. Ini termasuk judul situs, nama pengguna, kata sandi, dan alamat email admin.

Jika Anda tidak ingin situs web Anda terlihat oleh mesin pencari, maka Anda dapat mencentang kotak di sebelah visibilitas mesin pencari. Nanti saat Anda siap, Anda dapat mengubahnya dari pengaturan WordPress. Jika Anda tidak yakin tentang apa yang harus dilakukan, biarkan saja tidak dicentang.

Klik pada tombol Instal WordPress untuk melanjutkan. Selanjutnya WordPress akan otomatis mengatur website Anda dan menyelesaikan instalasi.

Anda akan melihat pesan sukses yang menunjukkan nama pengguna Anda. Sekarang dirimu dapat mengklik tombol Masuk untuk login masuk ke situs WordPress Anda.

Cara Install WordPress di Komputer atau Laptop Anda (Lokal PC / Localhost)

Banyak pengguna tingkat pemula kami sering bertanya apakah mereka dapat mencoba WordPress di komputer mereka? Jawabannya adalah ya, tetapi kebanyakan pemula tidak harus melakukan itu.

Alasan mengapa beberapa orang install WordPress di lingkungan server lokal adalah untuk membangun tema, plugin, atau untuk menguji berbagai hal.

Jika Anda ingin menjalankan blog untuk dilihat orang lain, maka Anda tidak perlu menginstal WordPress di komputer Anda. Jika Anda meng-install WordPress secara lokal di komputer Anda, maka satu-satunya orang yang dapat melihat situs tersebut adalah Anda.

Jika Anda ingin membuat situs WordPress Anda tersedia untuk internet (seluruh dunia), maka Anda perlu mendapatkan/membeli nama domain dan akun web hosting dan baru mulai install WordPress dengan menggunakan salah satu metode yang kami tunjukkan di atas.

Karena itu, jika Anda benar-benar tertarik untuk install WordPress secara lokal di komputer Anda untuk mempelajari lebih lanjut tentang pengembangan tema, plugins pengujian dll, maka kami sangat menyarankan Anda untuk melakukannya.

Jika Anda menggunakan komputer Windows, maka kami sarankan Anda mengunduh dan mengatur WAMP . Jika Anda menggunakan Mac, maka Anda perlu mengunduh dan mengatur Mamp.

Diterbitkan pada 11, April 2020

Reader Interactions

Silahkan Berikan Komentar