SEO WordPress dan Konsep Dasarnya

Ketika orang mendengar SEO WordPress maka muncul pertanyaan, Apakah itu? Mudahnya, dengan menerapkan poin tersebut memungkinkan website yang dibuat akan mudah muncul pada search engine atau mesin pencarian Google. Namun, Anda juga harus paham akan pengertian, cara, dan indikator penting tentang SEO WordPress.

Pengertian SEO WordPress

Tips SEO untuk WordPress

SEO mempunyai kepanjangan Search Engine Optimization, yaitu taktik untuk mengoptimalkan tampilan web Anda. Hal ini memungkinkan mesin pencari dapat menilai halaman agar tampil di halaman pertama Google. Dengan begitu, pengguna akan mudah menemukannya.

Misalnya Anda mempunyai website tentang penjualan tas kanvas. Jika Anda melakukannya, maka situs tersebut akan ada pada laman pencarian teratas sehingga memudahkan pembeli untuk berbelanja. Tidak menutup kemungkinan produk akan terjual semakin tinggi.

Bahkan, banyak juga orang yang mendedikasikan dirinya sebagai master atau ahli SEO. Profesi seperti ini bisa menjadi blog atau website semakin terkenal. Namun tentunya juga harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit.

Beberapa Tipe SEO Traffic

Ada beberapa poin penting yang harus diperhatikan agar jumlah kunjungan stabil dan terus meningkat. Salah satunya dengan mengetahui beberapa tipe dari SEO itu sendiri, untuk lebih jelasnya perhatikan ulasan di bawah ini:

Quality Traffic

Jika Anda menggunakan website untuk kepentingan bisnis, maka pengunjung merupakan sasaran utama agar bisa menjadi pembeli. Pemilik website juga dapat menggunakan tabel konversi untuk mengetahui tingkatnya. Namun, jenis bisnis juga memiliki Andil yang cukup besar

Ciptakan produk yang menarik di mata pengunjung sebagai sasaran colon konsumen baru. Pancing hingga mereka tertarik untuk membuka laman berikutnya.. Seperti contoh, website Anda menjual album Red Velvet, maka targetnya bukanlah para pencari atau pembeli serbuk minuman.

Quantity of Traffic

Poin ke dua ialah Quantity of Traffic yang memiliki makna bahwa jumlah dari setiap trafik dihitung dari banyaknya pengunjung. Beberapa di antara mereka ada yang sekedar masuk atau mengakses situs ataupun memang niat untuk mengaksesnya.

Untuk memantau dengan pasti terkait jumlah pengunjung, lama waktu baca ataupun berapa kali kunjungan memang cukup mudah. Anda bisa menggunakan bantuan dari beberapa tool online, salah satunya seperti Google Analytics atau StartCounter.

Organic Traffic (Tidak Berbayar)

Tipe grafik ini sangat disukai oleh pengelola website. Selain tidak berbayar, organik trafik mampu mendatangkan pengunjung lebih banyak. Contohnya adalah ketika seseorang menuliskan kata di kolom pencarian. Setelah menemukan, kemudian memilih beberapa link di sana.

Dengan hasil pencarian melalui klik link inilah yang dimaksudkan sebagai trafik alami (dari sercah Google). Persaingan untuk mendapatkannya sangat ketat walaupun terlihat mudah. Di sisi lain, pengelolaan SEO di dalamnya juga harus dilakukan secara maksimal.

Bagaimana Cara Kerja SEO?

Dengan optimasi SEO, orang akan mudah menemukan dengan menuliskan beberapa kata pilihannya. Walaupun hasil pencarian dapat seketika muncul, namun prosesnya semudah itu. Untuk menjamin kualitas, mesin pencari menggunakan aturan yang bernama algoritma.

Fitur pencarian gi Google menggunakan algoritma untuk menentukan konten yang layak berada diatas. Hal ini berlaku untuk segala jenis situs pencari seperti Google, Yahoo!, Bing ataupun Duckduckgo.

Seperti contoh Google selalu memperbarui hitungan algoritmanya, agar dapat memberikan referensi yang selektif untuk pencarinya dan akan diperbarui seiring berjalannya waktu. Dengan begitu, hal ini juga akan berimbas pada teknik SEO yang akan digunakan.

Indikator Utama SEO

Tips SEO WordPress

Setelah di atas diulas konsep dasar SEO WordPress beserta cara kerjanya, kali ini akan dibahas indikator-indikator utamanya. Perubahan algoritma Google akan mempengaruhi hal ini, jadi mereka saling bergantungan. Lantas apa saja itu?

Struktur URL

Struktur URL sederhana dan dapat diakses memudahkan search engine untuk mencari situs Anda. Dengan begitu, website dapat direkomendasikan atas keyword yang diminta pencari. Oleh karena itu, cukup mengandung nama domain dan judul artikel saja.

Penggunaan SSL/TLS

SSL/TLS pada website berguna untuk mengenkripsi semua transfer data yang terjadi pada halaman tersebut, sehingga keamanan data pengguna menjadi lebih terjaga. Bahkan, Google Chrome telah menandai beberapa situs tanpa pengaman sebagai not secure.

Bagi pengelola website yang belum mengetahui apakah sudah memakai SSL/TSL, cukup melihat pada alamat situs. Jika tertulis HTTP, bisa diartikan bahwa halaman belum menggunakannya. Untuk itu segera aktifkan agar keamanan data dapat terjamin.

Topik Konten

Anda juga harus menentukan topik utama yang saling berhubungan terhadap struktur website yang baik. Kemudian buatlah konten berdasarkan itu. Seperti contoh situs mengelola tentang petualangan, alam, dan informasi wisata. Maka secara umum membahas tentang travelling.

Semakin banyak konten membahas tentang topik berkaitan, kemungkinan besar website akan muncul pada pilihan teratas hasil pencarian. Karena situs dengan konten yang saling berkesinambungan lebih mudah dikenali dan dijangkau oleh search engine Google.

Search Intent

Search Intent adalah kata kunci yang diinginkan oleh pencari untuk menemukan hal tertentu. Seperti contoh ketika memasukkan kata kunci “Laptop” di Google. Hasil pencarian teratas biasanya “Daftar harga laptop”.

Hal ini terjadi karena mayoritas pencarian yang mencari kata kunci “Laptop” cenderung mengunjungi ke info daftar harga. Kemudian situs seperti pengertian, jenis-jenis, dan aspek lainnya tidak muncul di atas. Pada intinya, Google hanya mengutamakan konten dengan Search Intent kebanyakan.

Struktur Konten

Mudahkan orang dalam memahami apa yang ingin Anda sampaikan secara terstruktur, jelas, dan rapi selain menyesuaikan dengan search intent. Dengan begitu pembaca akan mengetahui maksud penyampaian isi konten dalam Website.

Hal itu bisa dengan cara menggunakan heading dan subheading untuk point-point penting dalam konten. Dapat juga menambahkan foto, ilustrasi, grafik, video atau hal lain sehingga membantu pembaca dalam memahami yang Anda buat.

Meta Tags

Terdiri dari title tag dan meta description yang berfungsi sebagai membantu Google memahami seluruh konten pada sebuah halaman. Pertama adalah judul artikel. Ketentuannya yaitu tidak bisa terlalu panjang, karena Google akan otomatis memotong sesuai dengan ketentuannya.

Kedua adalah meta deskription yaitu rangkuman teks yang dibuat. Biasanya muncul pada hasil pencarian. Letaknya persis di bawah judul artikel dan URL dan terdiri dari seratud dua puluh sampai seratus tiga puluh karakter.

BackLink

Backlink masih menjadi salah satu faktor penunjang SEO berikutnya. Dengan banyaknya rujukan ke website Anda, Google akan menilai halaman yang mempunyai kredibilitas tinggi. Namun hal tersebut juga harus berasal dari situs berkualitas.

Kecepatan Website

Poin yang dimaksud adalah kecepatan loading website. Hal tersebut memegang peranan penting dalam SEO Anda karena Google telah menetapkan dengan ini menjadi salah satu indikator utama. Semakin cepat proses mengolah halaman, maka kemungkinan mendapatkan peluang ranking paling tinggi pada pencarian Google. Gunakan Google PageSpeed Insights untuk mengukur kecepatan website atau klik disini untuk test kecepatan website Bantuan Hosting ini.

Tes SEO Kecepatan Website

Berdasarkan uraian di atas, maka penting bagi Anda mengetahui konsep dasar SEO WordPress. Hal ini berguna untuk meningkatkan performa website sehingga banyak pengunjung yang mengakses pada halaman tersebut.

Diterbitkan pada 19, Juli 2020

Reader Interactions

Silahkan Berikan Komentar