Pengetahuan Dasar Apa Itu WordPress dan 11 Fiturnya

Apa itu WordPress? WordPress merupakan salah satu fitur website yang banyak digunakan para blogger (terutama dari Indonesia). Jika Anda masih seorang pemula, maka artikel ini cocok untuk mengenal WordPress secara lebih dalam dan juga membuat tampilan lebih menarik. Dengan begitu, bisa membuat orang lain penasaran dan ingin mengunjunginya.

Apa itu WordPress?

WordPress adalah sebuah CMS dan merupakan salah satu aplikasi sumber terbuka (open source) yang amat sangat populer digunakan sebagai mesin blog. WordPress dibangun dibawah bahasa pemrograman PHP dan basisdata MySQL. dimana PHP dan MySQL keduanya pun merupakan perangkat lunak sumber terbuka.

WordPress itu menyediakan 2 (dua) alamat dan layanan yang berbeda yaitu: WordPress.com dan WordPress.org.

Perbedaan WordPress.com dan WordPress.org

Berikut ini penjelasan tentang apa itu wordpress hosted (wordpress.com) dan wordpress self hosted (wordpress.org).

WordPress.com merupakan sebuah website layanan blog yang menggunakan mesin WordPress, didirikan oleh perusahaan Automattic. Dengan mendaftar di website WordPress.com, pengguna tidak perlu lagi melakukan instalasi atau konfigurasi yang cukup sulit. Namun sayangnya, pengguna WordPress.com tidak dapat mengubah template standar bawaan yang sudah disediakan. Artinya, pengguna tidak dapat menambahkan aksesoris apa pun selain yang sudah disediakan. Meskipun demikian fitur-fitur yang disediakan oleh WordPress.com sendiri sudah sangat bagus.

WordPress.org merupakan wilayah untuk para pengembang (developer). Di alamat domain ini, siapapun dapat mengunduh (download) aplikasi beserta seluruh berkas CMS WordPress. Selanjutnya CMS ini dapat di hosting sendiri (self hosted) kemudian dirubah ulang (modifikasi) selama seseorang tersebut menguasai PHP, CSS dan skrip lain yang menyertainya.

Berikut perbedaan dalam penggunaan WordPress Hosted dan WordPress Self Hosted

WordPress.com atau wordpress hosted adalah layanan untuk pengguna yang ingin membuat web atau blog sendiri secara cepat dan walaupun belum mempunyai alamat website.

WordPress.org atau wordpress self hosted adalah fasilitas terbuka untuk pengguna yang ingin memodifikasi WordPress menurut kebutuhan sendiri atau ingin membuat blog menggunakan alamat domain dan server sendiri.

Baca Juga : Panduan Lengkap 3 Cara Mudah Instalasi WordPress

Mengenal Fitur-fitur yang Terdapat pada WordPress

Setelah memahami seutuhnya apa itu wordpress dan jenisnya selanjutnya kita akan mengenalkan fitur–fitur yang terdapat pada WordPress.

Meskipun aplikasi ini mudah dalam penggunaannya, namun jika Anda belum mengenal sama sekali pasti akan mengalami kebingungan dalam bagaimana menggunakan fitur-fitur yang disediakan. Maka pahamilah ulasan di bawah ini:

Apa itu WordPress - Plugin WordPress

Admin Area / WordPress Login

Admin area atau area admin adalah area administratif dari website WordPress. Biasanya dapat diakses dengan mengunjungi wp-admin direktori di browser web Anda. Contoh: http://www.example.com/wp-admin/

Pengguna sebagai administrator memiliki akses penuh ke semua menu dan bagian dalam website WordPress. Pengguna dengan peran lain seperti editor, kontributor, atau penulis memiliki akses terbatas ke area admin. Beberapa pengguna seperti pengguna dengan peran pelanggan hanya memiliki akses ke halaman profil mereka di dalam area admin.

Di bagian atas setiap layar administrasi adalah bilah alat atau bilah admin. Ini menyediakan akses ke beberapa fungsi administrasi. Di sebelah kiri adalah navigasi utama yang menyediakan akses ke sebagian besar alat manajemen WordPress. Setiap bagian utama biasanya dilengkapi dengan sub-menu yang dapat terbang dan berkembang untuk menunjukkan opsi tambahan.

Area di tengah layar disebut area kerja. Di sinilah Anda dapat menulis, mengedit, dan menghapus posting serta menyesuaikan pengaturan. Di bagian bawah setiap halaman administrasi adalah catatan kaki. Footer berisi tautan ke WordPress dan versi WordPress yang saat ini Anda instal.

Dashboard

Dashboard merupakan suatu menu yang akan Anda temui pertama kali ketika melakukan login pada aplikasi WordPress. Dengan begitu, semua orang pengguna pasti mau tidak mau akan menjumpai halaman ini.

Anda juga akan disajikan sebuah sambutan dengan kalimat berikut: Welcome to WordPress, Activity, At a Glance, Quick Draft serta WordPress Events and News. Jadi tidak perlu lagi kebingungan jika menjumpainya karena hal itu sesuatu yang normal.

Post

Menu ini merupakan salah satu fitur yang paling banyak digunakan karena berfungsi untuk memposting konten. Di dalam menu pos/post terdapat bebersapa sub menu lain yaitu, All Post, berisikan semua postingan terpublish yang masih dapat diedite.

Add New, berfungsi untuk menambahkan postingan baru. Di dalamnya dapat digunakan untuk mengisi artikel, foto, maupun video. Categoris, berisikan kategori website, Andapun bisa menambahkan sesuai kebutuhan. Tags sudah dibuat sebelumnya dan tidak menutup untuk ditambah.

Media

Pada menu ini digunakan sebagai tempat memposting gambar ataupun video ke dalam website Anda. Di sinilah semua unggahan konten yang bukan tulisan dapat dilihat. Jika diibaratkan sebuah ponsel maka menu ini merupakan galerinya.

Dengan menggunakan fitur ini Anda bisa mengedite serta menghapus dan mengapload gambar maupun video yang Anda inginkan. Menjadikan halaman situs website tersebut sesuai dengan kebutuhan.

Pages

Sebuah postingan dengan pages atau halaman tentu memiliki perbedaan fungsi masing-masing. Poin yang membedakan ialah terletak pada struktur kategorinya. Selain di “post” terdapat fitur kategori, sementara “pages” tidak memilikinya.

Pada fitur pages ini pula Anda dengan mudah dapat menambahkan deskripsi blog (About Us), Laman Kontak (Contact), privacy policy, serta banyak hal lainnya. Bagaimana sampai disini sudah menarik bukan.

Comments

Komentar sangat bagus untuk website, karena mereka menunjukkan konten mana yang menjadi populer dan apa pendapat pengunjung Anda tentang apa yang Anda tulis.

Jika kamu menginginkan feedback pada konten yang sudah dishare maka tak perlu khawatir dimana untuk meletakkannya. Fitur ini memang disediakan untuk hal demikian. Mengatur apakah komentar akan disetujui ataupun tidak bukan lagi menjadi sesuatu mustahil.

Selain itu, pengaturan apakah orang-orang yang meninggalkan komentar dapat terpublish secara otomatis atau tidak. Intinya fitur ini ialah digunakan sebagai tempat penampungan setiap komentar, sekaligus pengatur apakah pendapat tersebut layak diterbitkan atau tidak.

Themes

Fitur ini terletak pada menu “Appearance” memiliki fungsi sebagai pengatur tema ataupun template yang ingin digunakan pada tampilan suatu website. Anda pun dapat mengganti tema sesuai keinginan.

Baca Juga : 13 Theme WordPress Terbaik di 2020

Mengatur tampilan yang sesuai dan cocok dengan apa pilihan Anda tentu sangat menyenangkan. Selain itu, mengedit tema pun dapat dilakukan sedemikian rupa. Bahkan, mengunggah tema milik sendiri pada hardisk komputer pun dapat dilakukan.

Widgets

Selain fitur themes di atas Anda pun dapat memanfaatkan fasilitas widget dengan optimal. WordPress pun menyediakan itu sebagai pendukung dalam mengembangkan website dengan lebih mudah dan hasil maksimal.

Anda dapat menggunakannya untuk menambahkan berbagai macam navigasi serta aksesoris blog pada bagian header, footer, maupun sidebar. Misalnya ialah dengan menambahkan populer post pada bagian bawah. Selain itu iklan dan artikel terbarupun mampu dimuat dalam website.

Plugins

Fitur yang tidak kalah penting disediakan pleh WordPres ialah plugin. Berguna untuk mengatur berbagai macam plugin yang ada. Di sinipun dapat dilakukan berbagai aktivitas terkait menambahkan, menghapus, mengaktifkan, maupun menonaktifkannya.

Baca Juga : 11 Plugin WordPress Terbaik yang Disarankan Beberapa Pakar

Plugin merupakan suatu modul-modul yang dapat digunakan serta bermanfaat untuk memudahkan pekerjaan WordPress. Biasanya fitur ini disediakan secara gratis, namun juga ada yang berbayar. Jadi tidak ada kata susah untuk memulai mengaktifkan website tanpa berbayar ini.

Settings

Fitur ini amat sangat penting diketahui bagi pemula pengguna WordPress. Karena dalam setting ini terdapat berbagai macam kebutuhan pokok pengaturan penunjang operasional ini. Di antaranya ialah untuk mengatur pluggin dan hal-hal teknis lainnya.

Inti dari keberadaan fitur settings ini ialah terkait pengaturan-pengaturan website Anda. Dengan begitu, sesuai dengan apa yang diinginkan dan disediakan agar semakin mampu memberikan kepuasan dalam memakai dan menikmati penggunaan WordPress.

Permalinks

Poin yang paling hebat dari fitur tersedia pada aplikasi WordPress ialah Permalinks yang dapat digunakan secara gratis. Kegunaannya yaitu agar Anda bisa leluasa mengatur tampilan permalink dan disesuaikannya.

Permalink dapat diartikan sebagai permanen link, merupakan suatu URL yang mengarah pada sebuah blog maupun forum tertentu. Itulah arti yang dapat dijelaskan secara singkat dan dharapkan mudah untuk dipahami dalam konteks ini.

Demikian ulasan tentang apa itu WordPress dan berbagai macam fitur-fitur WordPress yang membuat Anda mengenal lebih baik lagi tentang WordPress.

Incoming search:

Pengetahuan Dasar WordPress. Apa Itu WordPress, WordPress adalah, belajar wordpress, Mengenal Apa Itu WordPress, Fitur WordPress, Apa Itu WordPress org, Apa Itu WordPress Self Hosted, Perbedaan WordPress.com Hosted

Diterbitkan pada 29, Februari 2020

Reader Interactions

Silahkan Berikan Komentar