Daftar 5 Alat Tes Kecepatan Website Gratis di Tahun 2020

Kecepatan sebuah situs web dapat menjadi faktor penting untuk kesuksesannya. situs web yang memuat lebih cepat dapat memperoleh manfaat dari peringkat SEO yang lebih tinggi, tingkat konversi yang lebih tinggi, rasio pentalan yang lebih rendah, durasi pengunjung yang lebih lama di situs, pengalaman pengguna yang lebih baik secara keseluruhan, dan keterlibatan. Itulah mengapa penting untuk memanfaatkan banyak alat tes kecepatan web gratis yang tersedia sehingga Anda dapat mencapai kinerja yang optimal. Google ingin situs Anda dimuat dalam waktu kurang dari satu detik.

Apa yang dapat dilakukan alat tes kecepatan web ?

Berikut adalah beberapa cara umum alat tes kecepatan web digunakan:

  • Penentuan skrip, font, dan plugin yang menyebabkan masalah waktu muat (HTML, JavaScript, CSS)
  • Memeriksa minifikasi skrip Anda
  • Menemukan gambar besar yang mengakibatkan kemacetan
  • Menentukan apakah Anda memiliki JavaScript atau CSS yang memblokir perenderan
  • Menguji Waktu ke Byte Pertama (TTFB)
  • Menganalisis total waktu muat, ukuran halaman, dan # permintaan
  • Memeriksa kinerja dari lokasi geografis yang berbeda
  • Memeriksa kecepatan rendering di berbagai browser
  • Menganalisis Header HTTP
  • Mengukur kinerja jaringan pengiriman konten Anda
  • Memverifikasi bahwa aset dimuat dengan benar dari CDN Anda

Baca juga post terkait:
18 Tips Cara Mempercepat WordPress
Panduan, Belajar Menggunakan WordPress untuk Pemula

Daftar 15 alat tes kecepatan website

Alat Tes Kecepatan Web

Sekarang setelah Anda memiliki pemahaman dasar tentang konsep kinerja web di atas, lihat 5 alat tes kecepatan web di bawah ini untuk menguji kecepatan situs web Anda. Masing-masing menawarkan fitur unik, pelaporan, dan cara berbeda untuk membedah hasil Anda.

Penting juga untuk disadari ketika menjalankan alat seperti ini bahwa pencarian DNS pertama kali biasanya akan lebih lambat . Jika Anda membandingkan total waktu muat, terkadang lebih baik menjalankan pengujian beberapa kali dan mengambil rata-rata hasilnya.

1. Tes Kecepatan Situs KeyCDN

KeyCDN membuat alat tes kecepatan web yang cepat dan ringan yang dapat Anda gunakan untuk mendapatkan wawasan mendetail tentang kinerja situs web Anda. Jika menawarkan 14 lokasi untuk dipilih di seluruh dunia, dan Anda memiliki opsi untuk menjadikan hasil tes Anda pribadi atau publik. Tes ini mencakup rincian air terjun dan pratinjau situs web visual di bagian bawah. Anda dapat dengan cepat melihat berapa banyak permintaan HTTP yang dibuat, ukuran penuh halaman yang diminta, dan waktu muat .

Ini juga merupakan satu-satunya alat selain PageSpeed ​​yang responsif dan berfungsi dengan baik di perangkat seluler.

2. Google PageSpeed ​​Insights

Alat Tes Kecepatan Web

Google PageSpeed ​​Insights adalah alat tes kecepatan web yang menilai situs web Anda pada skala 1 – 100. Semakin tinggi angkanya, semakin baik situs Anda dioptimalkan. Angka di atas 85 menunjukkan bahwa situs web Anda berkinerja baik. PageSpeed ​​memberi Anda laporan untuk versi desktop dan seluler situs Anda. Anda dapat melihat rekomendasi untuk perbaikan seperti Anda perlu mengecilkan CSS atau mengoptimalkan gambar Anda .

PageSpeed ​​Insights mengukur bagaimana laman dapat meningkatkan kinerjanya di:

  • Waktu pemuatan paruh atas : Waktu yang berlalu dari saat pengguna meminta laman baru dan hingga saat konten paruh atas dirender oleh browser.
  • Waktu untuk memuat halaman penuh: Waktu yang berlalu dari saat pengguna meminta halaman baru hingga halaman dirender sepenuhnya oleh browser.

Laporan seluler menyertakan kategori tambahan yang disebut “Pengalaman Pengguna” yang disertakan dalam penilaian situs Anda. Ini termasuk memeriksa konfigurasi area pandang Anda, ukuran target ketuk Anda (tombol dan tautan), dan juga ukuran font yang memenuhi syarat.

Tim PageSpeed ​​Insights juga baru-baru ini meluncurkan alat uji kecepatan situs web baru tentang Think with Google yang mungkin ingin Anda periksa. Salah satu fitur bagus adalah laporan indah yang dihasilkannya. Bisa sangat bagus untuk dikirim ke klien.

3. Tes Kecepatan Pingdom

Pingdom mungkin adalah salah satu alat tes kecepatan web yang cukup terkenal. Laporan mereka dibagi menjadi empat bagian berbeda yang mencakup rincian air terjun, tingkat kinerja, analisis halaman, dan riwayat.

Analisis halaman menawarkan gambaran umum yang bagus dengan informasi tambahan seperti analisis ukuran, ukuran per domain (Anda dapat dengan mudah membandingkan ukuran aset CDN vs domain Anda ), jumlah permintaan per domain, dan jenis konten apa yang memiliki permintaan paling banyak.

Alat uji kecepatan Pingdom juga memungkinkan Anda untuk menguji kecepatan situs web Anda dari empat lokasi utama termasuk:

  • Dallas, Texas, AS,
  • Melbourne, Australia
  • San Jose, California, AS
  • Stockholm, Swedia

Hasil uji kecepatan Pingdom memberi Anda wawasan kinerja, mirip dengan Google PagesSpeed ​​Insights, yang menjelaskan di mana Anda dapat melakukan peningkatan. Hasilnya juga memecah ukuran halaman menurut jenis konten, ukuran halaman menurut domain, permintaan menurut jenis konten, dan permintaan menurut domain.

4. GTmetrix

GTmetrix memberikan detail yang luar biasa saat memeriksa metrik PageSpeed ​​dan YSlow , menetapkan nilai situs Anda dari F ke A. Laporannya dibagi menjadi lima bagian berbeda termasuk PageSpeed, YSlow, pengelompokan waterfall, video, dan riwayat.

Dengan pendaftaran gratis, Anda dapat menguji dari tujuh lokasi berbeda. Mereka juga membiarkan Anda memilih browser, Chrome vs Firefox. Anda dapat menguji dan membandingkan kinerja situs web terhadap berbagai jenis koneksi (seperti Kabel vs dial-up) untuk melihat bagaimana pengaruhnya terhadap pemuatan halaman Anda. Fitur lanjutan lainnya termasuk pemutaran video untuk menganalisis di mana kemacetan Anda terjadi dan juga kemampuan untuk menjalankan Adblock plus. Dengan menonaktifkan iklan, Anda dapat melihat bagaimana pengaruhnya terhadap pemuatan situs Anda. Disarankan untuk membuat akun gratis karena Anda akan mendapatkan opsi tambahan, seperti yang disebutkan di atas.

5. WebPageTest

WebPageTest sangat mirip dengan beberapa alat tes kecepatan web yang disebutkan sebelumnya, tetapi memiliki lebih dari 40 lokasi untuk dipilih dan lebih dari 25 browser (termasuk seluler). Ini memberi Anda nilai dari F ke A berdasarkan tes kinerja yang berbeda seperti FTTB, kompresi, caching, penggunaan CDN yang efektif, dll. Laporannya dibagi menjadi enam bagian yang mencakup ringkasan, detail, tinjauan kinerja, rincian konten, dan tangkapan layar.

Ini juga menawarkan pendekatan unik pada tes. Ini menjalankan apa yang mereka sebut tampilan pertama dan tampilan berulang . Ini membantu mendiagnosis apa yang mungkin merupakan penundaan pencarian DNS pertama kali seperti yang disebutkan sebelumnya. WebPageTest juga memiliki fitur yang lebih canggih seperti perekaman video, menonaktifkan JavaScript, mengabaikan sertifikat SSL, dan spoofing string agen pengguna.

Diterbitkan pada 29, September 2020

Reader Interactions

Silahkan Berikan Komentar